Friday, 22 November 2013

Elemen Bangunan: Dinding

Dinding bangunan fungsinya dapat terdiri dari 2 macam, yaitu dinding struktur yang berfungsi menerima atau memikul beban dari atas (atap) beban samping dan lain sebagainya. Karena itu dinding tersebut harus diperhitungkan mampu memikul konstruksi atap dan beban lain.

Letak dinding struktur adalah tepi, dimana tumpuan atap terletak diatasnya. Dinding teri atau luar selain berfungsi penahan beban yang paling berat dari atap, dan angin dinding ini juga berfungsi untuk melindungi bangunan dari air hujan, dan sinar mathari. Karena itu dinding dibuatdari bahan yang mampu menyekat panas dan tahan terhadap air.

Dinding lain adalah dinding non struktur yaitu dinding yang secara teoritis tidak ikut menahan beban konstruksi atap, beban angin dan sebagainya. Dinding ini hanya berfungsi sebagai pembatas atau penutup ruangan. Dinding non struktur umumnya terletak didalam ruangan (untuk membagi atau menyekat ruangan), sehingga konstruksinya dapat dari berbagai macam bahan (batu merah,kayu, alumunium, beton cetak, batako, dan lain-lain). 

0 comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...